Jaman dan perkembangan teknologi untuk Kelestarian alam dan kemajuan iptek manusia dengan media e_Environment.

Coretan si Lemot -Jaman, Jaman dan Jaman seperti yang sangat cocok untuk mengambarkan kondisi dan situasi sekarang ini untuk mengharuskan setiap maklukhidup khususnya Manusia untuk bisah Perpikir secara Inovatif  mengatasih persoalan dalam hidup nya sendiri. Begiytu juga dengan Planing-Planing yang telah di rencanakan oleh Manusia dengan Mengerjakan Proyek-proyek Tanah berkawat(Gedung-gedung besar) tanpa menyadari dampat terhadap lingkungan tempat tinggal nya nanti, Manusia hanya terfikir untuk dapat menghasilkan keuntungan ketimbang memperdulikan dampak-dampak yang akan timbul di lingkungan tempat tinggal mereka. Lingkungan yang menjadi pusat utama bagi manusia untuk bisah berpijak menjadi korban atas keserakaan Manusia Itu Sendiri.  Manusian yang sadar akan lingkungan telah berusaha untuk menyampaikan dan sosialisasi dengan media untuk menimbulkan rasa kesadaran manusia untuk mengetahui seberapa besarnya ekosistem untuk manusia di Muka Bumi Ini, Sosialisasi yang telah di lakukan dalah dengan media Televisi, surat kabar, Brosur dan juga poster-posrter termasuk menggunakan media Internet yang bisah di akses oleh seluruh dunia.
Pengertian e_Environment adalah :
Pengertian Environment adalah Lingkungan, Lingkungan mencakup Lingkungan keluarga, rumah tangga, lingkungan desa, hingga lingkungan tempat kerja kita. Sedikit mengalami perubahan yang disebabkan dinamika masyarakat,  Environment menyeruak menjadi Komunitas. Lebih dalam maknanna karena karena komunitas lebih bersifat interaktif, elemen yang berada di dalam nya bisah saling berinteraksi, memunculkann hubungan sebab akibat antara satu sama lain. Lingkungan hidur sering juga di sebut dengan Lingkungan, ini meruoakan istilah yang mencakup segalah makhluk hidup dan yang tidak hidup di alam yangberada di bumi dan bagian dari bumi, yang memiliki fungsi yang berbeda-beda tanpa ada campur tangan dari manusia. Mencakup secara keseluruan, e-environment merupakan pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk elektronik untuk menyampaikan, mengenalkan, dahkan untuk mengajak masyarakat secara umum untuk bisah dapat memahami pentingnya kelestarian lingkungan yang ada disekitar kita untuk bisah di jaga dan di lestarikan. Dari penjelasan diatas kita dapat memahammi bahwa e-environment turut mengambil peranan penting untuk mengkomunikasikan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup manusia dapat mengontrol bagaimana kondisi alam sekitar nya sekarang. 
Berikut ini Beberapa Kelebihan yang terdapat pada e-environment dalam Proses Penyampaian Informasi Kepada Masyarakat Umum, sebagai berikut:
1.    Dapat Penginformasian mencakup masyarakat luas (seluruh dunia)
Dengan Kita dapat memanfaatkan jaringan internet memungkinkan e-environment yang dapat diakses oleh semua orang di penjuru dunia. Hal ini akan menjadi suatuh kemudahan untuk menyampaikan pelestarian lingkungan hidup kepada masyarakat luas. Internet bukan lagi merupakan  hal tabu dikalangan masyarakat, bahkan dikalangan anak setingkat sekolah dasar(SD) sudah dapat mengakses dan menggunakan internet. Jika internet sedemikian mudahnya diakses, tak hayal ini merupakan sala satu media yang murah, mudah, bahkan dapat mencakup masyarakat secara luas sehingga pesan tentang pentingnya kelestarian lingkungan bias tersampaikan dan diterima.

      Memperkenalkan kekayaan alam  yang ada di beberapa pelosok Negara
Dengan e-environment, setiap Negara yang terdaftar sebagai anggota wwf(world wide fund) dapat mencantumkan tentang berbagai potensi Alam yang dimiliki tiap-tiap Negara tersebut.Hal tersebut akan akan  menimbulkan rasa penasaran, sehingga dapat memikat turis mancanegara untuk berkunjung ke Negara tersebut. Hal ini Dapat meningkatkan Kemajuan pariwisata yang terdapat pada Negara Tersebut. Dengan biaya yang terbilang murah sekaligus memberikan manfaat yang besar. E-environment dapat menjadi sarana Untuk memamerkan Objek pariwisata yang dimiliki negara-negara tersebut di dunia.

3.     Dapat ikut Meramaikan program pelestarian alam
Dengan Adanya e-environment di dunia maya, dapat berdampak positif juga dalam Kehidupan sehari-hari. Dengan efek visual dan pesan yang disampaikan melalu e-environment dapat memunculkan kesadaran masyarakat ataupun pembaca dalam memnyadari pentingnya keseimbangan ekosistem alam. Karena secara tak langsung, kerusakan ekosistem alam dapat mengancam keselamatan manusia itu sendiri.

Kekurangan yang terdapat pada e-environment:
1.      Kurang adanya Pengenalan/sosialisasi dari hadirnya e-environment
Pengenalan/Sosialisasi memegang peranan penting dalam pencapaian maksud dan tujuan dari dibuatnya e-environment itu sendiri. Apabila sosialisasi tidak maksimal dan kurang di Publikasihkan, masyarakat tidak akan mengetahui maksud dan tujuan dibentuknya e-environment sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak mengenai masyarakat sebagai Objek tujuan. Sehingga, pencapaian tujuan e-environment Tidak maksimal.
Dengan menggunakan bahasa yang sederhana juga akan membantu masyarakat mudah memahami pesan apa yang ingin disampaikan melalui website mengenai e-environment. Sehingga dalam pelaksanaanya, pesan dari e-environment dapat diterima dan diaplikasikan dengan menjaga alam dan lingkungan sekitar sebagai suatu kesatuan dari diri manusia itu sendiri.
2. Kurang Terdapat nya efek animasi atau video
Agar dapat menjadi lebih menarik sebuah pesan jika hanya terdiri dari kata-kata, kalimat, atau bahkan beberapa paragraf saja akan kesulitan dalam menyampaikan pesan yang mengenang bagi si pembaca. Oleh karena itu, sebuah tampilan yang menarik dapat diselingi dengan beberapa gambar dan video akan mempermudah bagi pembaca atau masyarakat dalam Memahammi dan menangkap pesan yang ingin disampaikan, dan jauh dari statmen membosankan. Apalagi untuk website e-environment, benar-benar membutuhkan video ataupun animasi untuk menunjukkan keadaan sebenarnya tentang kritisnya keadaan lingkungan hidup dan ekositem yang sekarang didiami manusia itu sendiri, sehingga dapat memunculkan sikap simpati bahkan empati dari masyarakat atau pembaca untuk turut merasakan betapa pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dan lingkungan hidup itu sendiri.

Contoh nyata dari hadirnya e-environment adalah WWF (worl wide fund). World Wide Fund (WWF) For Nature adalah sebuah organisasi internasional non-pemerintah yang begerak dalam bidang konservasi, penelitian dan perbaikan lingkungan. WWF didirikan pada tahun 1961 di Swiss oleh Pangeran Bernhard dari Lippe-Biesterfeld Julian Huxley. sebagai organisasi konservasi terbesar didunia dengan 5 juta pendukung di seluruh dunia, bekerja di lebih dari 90 negara, mendukung sekitar 1300 konservasi dan proyek lingkungan di seluruh dunia. WWF memiliki misi “untuk mencegah dan menghentikan penghancuran lingkungan”, WWF beupaya keras untuk menciptakan keseimbangan ekosistem dan dunia yang lebih baik lagi.
Tidak hanya itu saja upaya WWF dalam menyampaikan  pesan tentang penyelamatan dunia, WWf juga membuat poster sebagai media komunikasi dalam penyampaian pesannya. Tidak sembarang poster, poster yang dibuat oleh organisasi ini memiliki desain yang unik namun pesan dapat tersampaikan secara menyeluruh. Berikut beberapa contoh poster yang di buat WWF.

Di Indonesia WWF juga menunjukkan kesungguhannya dalam menciptakan dunia yang lebih baik lagi sebagai organisasi nasional berbentuk yayasan dan bekerja di lebih dari 25 wilayah kerja di 17 provinsi. WWF-Indonesia memiliki misi  menyelamatkan keanekaragaman hayati dan mengurangi dampak ekologis aktivitas manusia. Cara lembaga ini menyampaikan pesannya melalui:

1.      promosi etika konservasi yang kuat;                                                      
Mempromosikan betapa pentingnya lingkungan hidup harus dijaga, tentang bagaimana melakukan perbaikan lingkungan hidup serta cara melestarikan segala keanekaragaman makhluk hdiup yang ada didalamnya. Sebuah etika yang kuat akan membentuk masyarakat yang patuh untuk menaati aturan yang berlaku.
2.      upaya-upaya konservasi di kalangan masyarakat Indonesia;
penyampaian sebuah pesan tidak harus melalui tulisan, sebuah tindakan akan lebih berarti dari sebuah kata-kata. Demkian juga halnya dengan perbaikan lingkungan hidup dapat diterapkan dalam hidup sehari-hari.
3.      memfasilitasi upaya multipihak untuk perlindungan keanekaragaman hayati dan proses-proses ekologis pada skala ekoregion;
memberikan fasilitas yang memadai akan memudahkan dalam mengatasi sebuah permasalahan dan mempermudah pengerjaan dalam kegiatan yang dilakukan.
4.      melakukan advokasi kebijakan, hukum dan penegakan hukum yang mendukung konservasi;
penyampaian mengenai pentingnya melestarikan lingkungan hidup dapat dilakukan melalui kebijakan yang diatur dan yang telah ditetapkan. Sebuah kebijakan dan hukum yang dibuat akan membantu dalam penentuan batas-batas pemanfaatan lingkungan untuk kepentingan manusia sendiri, sehingga mengurangi dampak eksploitasi besar-besaran yang tidak peduli dengan keselamatan lingkungan.
5.      menggalakkan konservasi untuk kesejahteraan manusia melalui pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.
Selebihnya tentang WWF-Indonesia dapat mengunjungi website http://wwf.or.id/ dan situs keanggotaan WWF-Indonesia di http://supporterwwf.org/
Tujuan utama WWF-Indonesia adalah untuk menghentikan dan memperbaiki kerusakan lingkungan yang terjadi serta membangun masa depan, dimana manusia hidup selaras dengan alam.
·         Visi WWF-Indonesia adalah "Pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia untuk kesejahteraan generasi sekarang dan di masa mendatang".
·         Misi WWF-Indonesia adalah melestarikan keanekaragaman hayati dan mengurangi dampak yang disebabkan manusia.
Tahun 2008, melalui Global Programme Framework (GPF), WWF sekarang memfokuskan usahanya pada 13 Inisiatif Global berikut :
  • Amazon
  • Arktik
  • Cina untuk Perubahan Global
  • Iklim & Energi
  • Pesisir Afrika Timur
  • Segitiga Terumbu Karang
  • Karbon Berbasis Hutan
  • Jantung Hijau Afrika
  • Jantung Kalimantan
  • Menghidupkan Himalaya
  • Transformasi Pasar
  • Energi Cerdas
  • Perikanan Cerdas
  • Harimau
Beberapa penerapan Indonesia sebagaia salah satu anggota WWF dalam melakukan konservasi lingkungan hidup adalah dengan Heart of Borneo. Heart of Borneo adalah sebuah organisasi dari inisiatif tiga negara yaitu Brunei Darussalam, Indonesia dan Malaysia untuk mengelola kawasan hutan tropis dataran tinggi di Borneo yang didasarkan pada prinsip konservasi dan pembangunan berkelanjutan. Hal dilatar belakangi dengan keadaan hutan di daratan Borneo (Kalimantan) semakin memprihatinkan, penebangan liar, perusakan alam, pemnfaatan lingkungan secara berlebihan menjadi pemicu awal di bentuknya Heart of Borneo.
Tujuan inisiatif HoB adalah untuk mempertahankan dan memelihara keberlanjutan manfaat salah satu kawasan hutan hujan terbaik yang masih tersisa di Borneo bagi kesejahteraan generasi sekarang dan mendatang. Sebagai salah satu pulau terbesar di kawasan asia tenggara, menjadikan Borneo sebagai pulau dengan potensi alam yang luar biasa mengagumkan, salah satunya dengan hasil kayu yang luar biasa banyaknya. Jantung Kalimantan adalah bagian kawasan HoB di Indonesia. Pada tanggal 12 Februari 2007, Pemerintah Brunei Darussalam, Indonesia dan Malaysia mendeklarasikan komitmen untuk memelihara dan mengelola secara berkelanjutan kawasan HoB. Di Indonesia, kawasan Heart of Borneo mencakup tiga provinsi yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Informasi lebih lanjut mengenai Heart of Borneo di Indonesia dapat  mengunjungi www.heartofborneo.or.id.
Jika kita sadar betapa pentingnya keseimbangan ekosistem dan pelestarian lingkungan hidup kita, maka sepatutnya kita menjaga dan memeliharanya untuk kesejahteraan generasi penerus kita dan anak cucu kita. Cara-cara penyelamatan bumi dari kehancuran merupakan suatu tindakan yang sulit, juga tidak Memerlukan biaya yang sangat besar. Jika sarana teknologi dan informasi begitu cepat berkembang, bukankah itu akan mempermudah kita untuk saling mengingatkan dalam menjaga bumi ini tetap sehat? Media-media elektronik senantiasa memberikan kemudahan dan keuntungan  bagi manusia, jika demikian bukankah mudah bagi kita untuk bisah memelihara dan keseimbangan ekosistem?

Dengan  e-environment kita dapat belajardan mengetahui apa yang harus kita perbuat untuk menyelamatkan serta menyembuhkan bumi yang semakin mengalami kerusakan ini. Sebelum bumi tempat tinggal kita ini tidak bisah terselamatkan. 

"Dengan kesadaran dan belajar menjaga keseimbangan ekosistem alam hayati dan seisih bumi ini yang menjadi pinjahan hidup kita".
 

Out Of Topic